Pola Bullish Engulfing

Pola Bullish Engulfing adalah pola bullish pembalikan , biasanya yang terjadi di bagian bawah downtrend. Pola ini terdiri dari dua Candlesticks:
  •     Bearish Candle Lebih kecil  (Hari 1)
  •     Bullish Candle Lebih besar (Day 2)

Real body bearish candle  Hari-1 biasanya terkandung dalam real body  bullish candle dari hari-2. Pada Hari-2, terjadi Gap ke bawah, namun penjual tidak begitu kuat untuk medorong harga kebawah sebelum pembeli mengambil alih dan mendorong harga lebih tinggi, dan mengisi gap down dari harga pembukaan dipaginhari dan mendorong harga jauh lebih tinggi dari harga pembukaan hari sebelumnya.
Kekuatan Pola Bullish Engulfing  berasal dari perubahan sentimen yang luar biasa dari bearish gap turun di pagi hari, dimana bullish real body candle yang lebih besar tutup pada harga tertinggi dalam sehari. Penjual  telah jenuh pembeli telah menguasai pasar.
Grafik di bawah ini dari S&P 500 Depository Receipts Exchange Traded Fund (SPY) menunjukkan contoh Pola Bullish Engulfing yang terjadi pada akhir downtrend:

Sinyal Beli pada Pola Bullish  Engulfing

Ada tiga cara utama untuk membeli menggunakan Pola Bullish Engulfing; sinyal beli yang disajikan di bawah adalah dari yang paling agresif ke paling konservatif:
  • Beli pada saat penutupan Hari ke-2 ketika harga rally ke atas dari Gap down di pagi hari. Sebuah indikasi kuat bahwa rally di hari ke-2 signifikan dan benar-benar pembalikan sentimen pasar, adalah jika terjadi peningkatan substansial dalam volume yang disertai pergerakan harga keatas (lihat: Volume).
  • Beli pada hari setelah Pola Bullish Engulfing  terjadi; dengan menunggu sampai hari berikutnya untuk membeli, seorang trader  akan memastikan bahwa terjadi bullish reversal dan antusiasme dari hari sebelumnya masih berlanjut dan bukan hanya kejadian satu hari. Dalam grafik di atas dari SPY itu, trader mungkin akan tidak memasuki pasar  pada hari setelah Pola Bullish Engulfing  karena gap down membuat  posisi terendah baru secara signifikan. Seorang pedagang menggunakan metodologi # 2, kemungkinan akan menunggu sinyal buy lebih konkret seperti yang disajikan dalam metode # 3 berikutnya.
  • Setelah trader melihat pola Bullish Engulfing, trader akan menunggu sinyal lain, terutama break terhadap garis downtrend atau  garis resistensi downtrend (lihat: Support dan Resistance), sebelum memasuki order buy.